Berikut ini kumpulan masalah keperawatan dari NANDA 2005 yang merupakan revisi dari NANDA 2003 dengan adanya 5 diagnosa tambahan, perlu diketahui bahwa tahun 2008-2009 telah ada revisi terbaru diagnosa NANDA dengan 16 diagnosis tambahan dan 25 revisi

 

Taxonomy II : Domains, Kelas dan Diagnosis

 

A.     Domain I : Promosi Kesehatan

Kelas 1 : Kesadaran akan Kesehatan : Rekognisi dari fungsi normal dan kesehatan

 Kelas 2 : Managemen kesehatan : identifikasi, controlling, performing dan aktifitas yang terintegrasi untuk memelihara sehat dan kesehatan

 

Diagnosa yang berhubungan

  1. Manajemen regimen terapi efektif
  2. Manajemen regimen terapi tak efektif
  3. Manajemen regimen terapi keluarga tak efektif
  4. Manajemen regimen terapi komuniti tak efektif
  5. Perilaku mencari bantuan kesehatan
  6. Pemeliharan kesehatan tak efektif
  7. kerusakan pemeliharaan rumah
  8. Kesiapan untuk meningkatkan Manajemen regimen terapi
  9. Kesiapan untuk meningkatkan nutrisi

 B.     Domain 2 : Nutrisi

Aktifitas untuk mengambil, asimilasi dan menggunakan nutrient untuk keseimbangan jaringan, perbaikan jaringan dan memproduksi energi

 

Kelas 1 : Ingesti : mengambil makanan atau nutrient kedalam tubuh

Diagnosa yang berhubungan

1.      Pola makan infant tak efektif

2.      Kerusakan menelan

3.      Ketidakseimbangan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh

4.      Ketidakseimbangan nutrisi : lebih dari kebutuhan tubuh

5.      Risiko terhadap ketidakseimbangan nutrisi : lebih dari kebutuhan tubuh

Kelas 2 : Digesti : aktifitas fisik dan kimia yang mengubah bahan makanan menjadi substansi yang memungkinkan diabsorpsi dan dicerna

 

Kelas 3 : Absorpsi: kegiatan mengambil nutrisi menuju jaringan tubuh

 

Kelas 4 : Metabolisme :

 

Kelas 5 : Hidrasi : pengambilan dan absorpsi cairan dan elektrolit

Diagnosa yang berhubungan

  1. Kurang volume cairan
  2. Risiko untuk kurang volume cairan
  3. Kelebihan volume cairan
  4. Risiko untuk ketidakseimbangan volume cairan
  5. Kesiapan untuk meningkatkan keseimbangan cairan

 C.     Domain 3: Eliminasi

Sekresi dan ekskresi terhadap produk akhir dari tubuh

 

Kelas 1 : Fungsi Urinari

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kerusakan eliminasi urine

2.      Retensi urine

3.      Inkontinesia urine total

4.      Inkontinensia urine fungsional

5.      Inkontinensia urine stress

6.      Inkontinensia urine tak tertahankan

7.      Inkontinensia refleks urine

8.      Risiko Inkontinensia urine tak tertahankan

9.      Kesiapan meningkatkan eliminasi urine

 

Kelas 2 : Fungsi Gastrointestinal

Diagnosa yang berhubungan

1.      Inkontinensia usus

2.      Diare

3.      Konstipasi

4.      Risiko untuk konstipasi

5.      Konstipasi dirasakan

Kelas 3: Fungsi Integumen/Kulit

 

Kelas 4 : Fungsi Respirasi : proses pertukaran gas dan pengeluaran produk akhir metabolisme

 

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kerusakan pertukaran gas

 

D.     Domain 4 : Aktifitas dan Istirahat

Kelas 1 : Tidur/istirahat

Diagnosa yang berhubungan

1.      Gangguan pola tidur

2.      Kesulitan tidur

3.      Kesiapan untuk meningkatkan tidur

 

Kelas 2 : Aktifitas/Kegiatan : pergerakan bagian dari tubuh (mobilitas), bekerja atau menunjukkan suatu kegiatan melawan tahanan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Risiko untuk Sindrom disuse

2.      Kerusakan mobilitas fisik

3.      Kerusakan mobilitas di tempat tidur

4.      Kerusakan mobilitas di kursi roda

5.      Kerusakan kemampuan berpindah

6.      Kerusakan berjalan

7.      Kurang aktifitas diversional (Hiburan)

8.      Kelambatan penyembuhan pembedahan

9.      Perilaku tak berubah

 

Kelas 3 : Keseimbangan Energi : keadaan dinamis antara pemasukan dan kebutuhan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Gangguan bidang energi

2.      Kelemahan

 

Kelas 4 : Respon Kardiovaskuler/Pulmoner

Diagnosa yang berhubungan

1.      Penurunan Curah Jantung

2.      Kerusakan Ventilasi Spontan

3.      Pola Nafas Takefektif

4.      Aktifitas intoleran

5.      Rsiko terhadap aktifitas intoleran

6.      Disfungsi respon penyapihan ventilator

7.      Perfusi jaringan takefektif (Spesifik : renal, cerebral, kardiopulmoner, gastrointestinal, perifer)

 

Kelas 5 : Perawatan Diri

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kurang perawatan diri : Berpakaian/berhias

2.      Kurang perawatan diri : Mandi/hygiene

3.      Kurang perawatan diri : Makan

4.      Kurang perawatan diri : Toileting

 

E.     Domain 5 : Persepsi/Kognisi

Kelas 1 : Perhatian

Diagnosa yang berhubungan

1.      Pengabaian unilateral

 

Kelas 2 : Orientasi

Diagnosa yang berhubungan

1.      Sindrom kerusakan interpretasi lingkungan

2.      Wandering

 

Kelas 3 : Sensasi/Persepsi

Diagnosa yang berhubungan

1.      Gangguan sensori persepsi (spesifikkan : visual, auditory, kinestetik, gustatori, taktil)

 

Kelas 4 : Kognisi

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kurang pengetahuan (spesifikkan)

2.      Kesiapan untuk meningkatkan pengetahuan (spesifikkan)

3.      Kebingungan akut

4.      Kebingungan kronik

5.      Kerusakan memori

6.      Gangguan proses fikir

 

Kelas 5 : Komunikasi

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kerusakan komunikasi verbal

2.      Kesiapan untuk meningkatkan komunikasi

  

F.     Domain 6 : Persepsi – Diri : kesadaran akan diri

Kelas 1 : Konsep Diri

Diagnosa yang berhubungan

1.      Gangguan identitas diri

2.      Kelemahan

3.      Risiko terhadap ketidakberdayaan

4.      Ketidakberdayaan

5.      Risiko terhadap kesepian

6.      Kesiapan untuk meningkatkan konsep diri

 

Kelas 2 : Harga – Diri

Diagnosa yang berhubungan

1.      Harga diri rendah kronik

2.      Harga diri rendah situasional

3.      Risiko terhadap harga diri rendah situasional

 

Kelas 3 : Citra Tubuh : pencitraan diri sendiri secara mental

Diagnosa yang berhubungan

1.      Gangguan citra tubuh

 

G.     Domain 7 : Hubungan Peran : hubungan positif dan negatif antara individu dan kelompok

 

Kelas 1: Peran Pemberi Asuhan

Diagnosa yang berhubungan :

1.      Ketegangan pemberi asuhan

2.      Risiko terhadap ketegangan pemberi asuhan

3.      Kerusakan peran orang tua

4.      Risiko Kerusakan peran sebagai orang tua

5.      Kesiapan untuk meningkatkan peran sebagai orang tua

 

 

Kelas 2 : Hubungan Keluarga

Diagnosa yang berhubungan

1.      Hambatan proses keluarga

2.      Kesiapan meningkatkan proses keluarga

3.      Disfungsi proses keluarga : alkoholisme

4.      Risiko terhadap kerusakan kedekatan orang tua/anak

 

Kelas 3 : Penampilan Peran

Diagnosa yang berhubungan

1.      Menyusui efektif

2.      Menyusui tak efektif

3.      Menyusui terganggu

4.      Penampilan peran tak efektif

5.      Konflik peran orang tua

6.      Kerusakan interaksi sosial

 

 

H.    Domain 8 : Seksualitas

Kelas 1 : Identitas Seksual

 

Kelas 2 : Fungsi Seksual

Diagnosa yang berhubungan

1.      Disfungsi seksual

2.      Pola seksualitas tak efektif

 

Kelas 3 : Reproduksi

 

I.       Domain 9 : Koping/Toleransi Terhadap Stress

Kelas 1 : Respon Post-trauma

Diagnosa yang berhubungan

1.      Sindrom stres relokasi

2.      Risiko terhadap Sindrom stres relokasi

3.      Sindrom trauma perkosaan

4.      Sindrom trauma perkosaan : Reaksi diam

5.      Sindrom trauma perkosaan : Reaksi gabungan

6.      Sindrom post-trauma

7.      Risiko Sindrom post-trauma

 

 

Kelas 2 : Respon Koping

Diagnosa yang berhubungan

1.      Ketakutan

2.      Kecemasan

3.      Kecemasan akan kematian

4.      Berduka kronik

5.      Mengingkari tak efektif

6.      Berduka antisipasi

7.      Disfungsi berduka

8.      Kerusakan penilaian

9.      Koping tak efektif

10.  Ketidakmampuan koping keluarga

11.  Koping keluarga kompromi

12.  Koping defensif

13.  Koping komunitas tak efektif

14.  Kesiapan untuk meningkatkan koping (individual)

15.  Kesiapan untuk meningkatkan koping keluarga

16.  Kesiapan untuk meningkatkan koping komuniti

17.  Risiko terhadap disfungsi berduka

 

Kelas 3 : Neurhobehavioural Stress : respon perilaku yang melibatkan fungsi saraf dan otak

1.      Disrefleksi otonom

2.      Risiko untuk Disrefleksi otonom

3.      Perilaku bayi takteratur

4.      Risiko untuk Perilaku bayi takteratur

5.      Kesiapan untuk meningkatkan Keteraturan perilaku bayi

6.      Penurunan kapasitas adaptif intrakranial

  

J.      Domain 10 : Prinsip Hidup

Kelas 1 : Nilai

 

Kelas 2 : Kepercayaan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kesiapan untuk meningkatkan kesehatan spiritual

 

Kelas 3 : Nilai/Kepercayaan/Kesesuaian Tindakan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Distress spiritual

2.      Risiko untuk distress spiritual

3.      Konflik memutuskan (Spesifikkan)

4.      Tidak terpenuhinya (Spesifikkan)

5.      Risiko untuk kerusakan beragama

6.      Kerusakan Beragama

7.      Kesiapan untuk meningkatkan beragama

 

K.     Domain 11 : Keamanan/Proteksi : terbebas dari bahaya, kecelakaan fisik atau kerusakan sistem imun.

Kelas 1 : Infeksi

Diagnosa yang berhubungan

1.      Risiko terhadap infeksi

 

Kelas 2 : Cedera Fisik

Diagnosa yang berhubungan

1.      Kerusakan membran mukosa oral

2.      Risiko terhadap cedera

3.      Risiko terhadap cedera posisi perioperasi

4.      Risiko terjatuh

5.      Risiko terhadap trauma

6.      Kerusakan integritas kulit

7.      Risiko terhadap kerusakan integritas kulit

8.      Kerusakan integritas jaringan

9.      Kerusakan pertumbuhan gigi

10.  Risiko kekurangan nafas

11.  Risiko aspirasi

12.  Bersihan jalan nafas tak efektif

13.  Risiko terhadap disfungsi neurovaskular perifer

14.  Proteksi tak efektif

15.  Risiko terhadap sindrom kematian bayi

 

Kelas 3 : Kekerasan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Risiko untuk mutilasi diri

2.      Mutilasi diri

3.      Risiko untuk mencederai orang lain

4.      Risiko untuk mencederai diri sendiri

5.      Risiko bunuh diri

 

Kelas 4 : Bahaya Lingkungan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Risiko keracunan

 

Kelas 5 : Proses Defensif

Diagnosa yang berhubungan

1.      Respon alergi getah

2.      Risiko terhadap alergi getah

 

Kelas 6 : Thermoregulasi

Diagnosa yang berhubungan :

1.      Risiko terhadap ketidakseimbangan suhu tubuh

2.      Termoregulasi tak efektif

3.      Hipotermi

4.      Hipertermi

 

L.      Domain 12 : Kenyamanan

Kelas 1 : Kenyamanan Fisik

Diagnosa yang berhubungan

1.      Nyeri akut

2.      Nyeri kronik

3.      Mual

 

Kelas 2 : Kenyamanan Lingkungan

 

Kelas 3 : Kenyamanan Sosial

Diagnosa yang berhubungan

1.      Isolasi Sosial

 

M.    Domain 13 : Pertumbuhan/Perkembangan

Kelas 1 : Pertumbuhan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Pertumbuhan dan perkembangan terhambat

2.      Risiko terhadap pertumbuhan tidak proporsional

3.      Kegagalan pertumbuhan dewasa

 

Kelas 2 : Perkembangan

Diagnosa yang berhubungan

1.      Pertumbuhan dan perkembangan terhambat

2.      Risiko untuk perkembangan terhambat